Yang foto Soekarno Waktu Proklamasi

Sudah tahu atau tidak saya sendiri juga baru tahu kalo foto pak soekarno presiden RI pertama di buku-buku sejarah merupakan foto yang susah untuk mendpatkanya dan butuh perjuangan yang tidak mudah. Mengapa?

Kebetulan saya membaca CHIP FOTO Video edisi spesial 2008 dijelaskan yang memfoto Pak Soekarno yaitu Frans Sumarto Mendur yang memotret Soekarno pada saat pembacaan teks proklamasi.Pada saat itu jika tentara Jepang atau Nippon mengetahui maka kamera akan dirusak seperti yang dialami kakak Frans yaitu Alexius Impurung Mendur.Pada saat itu Frans dengan segera memendam roll filmnya ke dalam tanah dan baru diambil setelah kondisi aman sehingga sampai sekrang tercetaklah foto bersejarah ini sebagai detik-detik kedaultan kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengapa orang yang menurut saya penting tidak dimasukan dalam buku-buku sejarah.Di buku sejarah sewaktu saya sekolah paling-paling orang yang menjahit,mengibarkan,mengetiks teks. tetapi justru yang merekam momen ini tidak ada?bayangkan kalau tidak ada Frans pada saat itu,mungkin dalam buku sejarah tidak ada gambar Soekarno sedang membacakan teks dan hanyalah cerita sejarah saja tanpa bukti yang dapat dilihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
= 4 + 8