Sekilas Tinta Infus Printer

Tinta infus yang di jual sekarang makin lama makin murah. Pemasangan paket modif printer kian menjamur di toko komputer, kenapa hal demikian terjadi ? disebabkan oleh kecenderungan pengguna yang ingin menggunakan printer dengan harga murah dan bagus.

Harga tinta asli yang disediakan vendor printer yang mahal membuat orang lebih memilih tinta infus, disamping harga tinta yang terjangkau (sekitar Rp.30.000 sudah bisa mendapatkan tinta 100cc) juga kita sebagai pengguna tidak perlu lagi berpelepotan untuk menyuntik maupun menteskan tinta pada ctaridge printer, cukup dengan mengisi pada tabung dari tinta modif.

Cara kerja tinta infus printer ini sama seperti infus pada peralatan medis. Hanya yang membedakan adalah ini menggunakan tinta sedangkan pada medis menggunakan cairan NaCl. Jika catridge printer lebih rendah dari tabung tinta maka tinta akan mengalir karena sifat tekanan dari tekanan tinggi ke rendah, menyebabkan kebocoran tinta. Oleh karena itu posisi peletakan juga mempengaruhi. Namun hal ini tidak selalu terjadi pada tinta modif/infus, ada juga printer modif yang mana tabung tinta di letakan di bawah posisi catridge juga dapat mengalir ke catridge, jadi disesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Tinta infus pun jangan sampai kehabisan tinta alam tabung tintanya. Jangan sampai kurang dari 1cm,kenapa ? Karena justru udara yang masuk tersedot juga oleh printer dan merusak catridge. Saya yang sudah berkali-kali ganti printer karena permasalahan head pada catridge sering mengalami kejadian seperti ini, akibat lupa melihat ketinggian tinta di tabung akhirnya head catrdige warna printer Canon IP18800 menjadi clogged dan head menjadi korosi. Sudah dilakukan dengan Head Cleaning dan Cleaning dengan cairan bening yang di khususkan untuk printerpun hasil warna tidak speenuhnya keluar semua.

Pihak vendor printer seperti Canon, Epson, Hp, Lexmark, dan lainnya sangat TIDAK menyarankan agar anda me-modif printer kenapa? Karena penggunaan modif printer merusak garansi dari printer itu sendiri. Oelh sebab itu berhati-hatilah dan rawatlah printer anda :)

17 thoughts on “Sekilas Tinta Infus Printer

  1. emang brother, klo printer di set infus pasti byk banget masalahnya, tpi juga ada untungnya..

    klo aku sih, lebih suka hbis-beli baru :D :D :D

    tpi emang bener mas budiono, kudu pinter milih klo kita emang mau pake infus..
    1 lagi mas, yg pasang tuh infus kudu PRO, ga KROCO, klo KROCO walaupun printernya bagus yo percuma.. hehehehe

    GB Indonesia !!

  2. Aku pake tinta infus yg berkualitas bagus. Kalo keliling di hi tech mall bisa nemu tinta infus paling mahal ya itu.
    Beberapa waktu lalu beberapa hari nggak dinyalakan masih ok ok saja headnya. Nggak ada yang buntu sama sekali

  3. @mas dion : yup perlu pilih2 kita dalam nentiun kualitas :)

    @frans : iya ada malasah dan ada untungnya..neh punya saya rusak warnanya g tau knapa..

    @khatulistiwa : iy mas tergantung pemakaian juga sih..

    @tj : q buntu pak..g tau knapa..eman2..padahal masih bagus soro..

    @mas anas : y trgantung mas..klo mau paket skalian wkt beli y tergantung pembeli juag hehehe

    @elsa : sama..saya sudah 3 x ganti printer mba..2 printer infus..jebol smua wkekekeke

  4. Pihak vendor memang tidak menyarankan tinta selain tinta original itu karena keuntungan mereka paling besar ada pada penjualan tinta bukan pada printer. masalah yg muncul pada printer infus kebanyakan adalah rendahnya kualitas tinta karena customer ingin barang murah

  5. benar keutnungan mereka adalah di refill ulang :)

    masalah juga terjadi akibat tinta mengering di catridge sehingga sering menyebabkan clogged. terima kasih atas masukkannya

  6. salam kenal…
    pengalaman saya, tinta untuk modif beda dengan tinta untuk reffil.
    kalau mau modif printer epson sebaiknya mulai dari awal membeli. jadi, head belum kemasukan tinta ori. jadi, head bisa menyesuaikan dengan tinta modif.

  7. Sharing pengalaman Tinta Infus
    Saat ini saya menggunakan dua printer yaitu Epson R230x dan Epson T60, Keduanya saya pakai tinta yang sudah berkuwalitas Premium Plus/Gold + Formula Anti Buntu, Dan untuk yang R230x sudah menghabiskan tinta sebanyak 3×6 liter tinta dan yang T60 sudah sudah menghabiskan tinta 2×6 liter tinta, sampai saat ini kedua printer saya masih ok alias tidak bergaris ( belum pernah terjadi Clogging / head buntu selama saya menggunakannya)
    Awet tidaknya Head printer itu tergantung karakter Tinta yang kita pakai. Padahal tiap harinya saya ngeprint lebih dari 200 lembar full colour tiap harinya.
    Terimakasih Semoga bermenfaat..

  8. Berikut merk tinta yang terbukti tidak merusak Head Printer:

    1. Photo Ink Gold premium Plus
    2. Sun Gold premium Plus
    3. E-print Gold premium Plus
    4. Crown Ink Gold premium Plus
    5. Pison Ink Gold premium Plus
    6. Croot Ink Gold Premium Plus
    7. Top Ink Gold premium Plus

    Ke tujuh merk tinta di atas sudah betul2 terbukti tidak merusak head printer, juga hasil cetakannya pun sudah sama dengan tinta original.

    Catatan:
    Produk tinta di atas lebih mahal dari harga tinta yang lain , karena produk tersebut sudah berkuwalitas Gold Premium Plus + Formula Anti Buntu terhadap Head Printer

      • kalo Bro Ken di Surabaya bisa mampir ke HitechMall Surabaya (THR Surabaya) disitu berbagai tinta merk banyak sekali dijual kok

  9. @Alas : Nice Info. Ya benar menggunakan tintabermerk jauh lebih berharga investasi jangka panjangnya daripada menggunakan merk yang tidak jelas. beda harga mungkin 3.000-10.000 tapi dampak manfaat jangka panjang terhadap printer lebih baik dan awet. Penggunaan kitapun mempengaruhi buntu nya catridge printer sebenarnya, oleh karena itu meskipun menggunakan tinta premium tapi steidaknya 3 hari sekali digunakan untuk melakukan cetak printer. thanks share infonya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
= 5 + 4