1st Gathering Team Ericova Project Indonusa

image

Hi Ericovamili, Tanggal 15 april 2013 menjadi moment  pertama kami untuk gathering team Ericova Project Indonusa. Bertempat di Penang House Tunjungan Plaza Surabaya, dari jam 6 sore hingga jam 8 malam , makan sampai kenyang. Kebersamaan ini mengakrabkan diri antar divisi dan menjalin kekompakan. Mulai dari membahas masalah pekerjaan project-project yang kami kerjakan hingga acara nonton bersama.

Salam sukses untuk semuanya 🙂

Renungan Lebih Baik

? Lebih Baik Punya 1 teman yang mengerti kamu dari pada punya 100 teman yang hanya sekedar status dan kenal Nama.

? Meski kadang sudah menjadi sosok Terbaik, namun tak selalu dipandang baik, maka janganlah berhenti berbuat Baik.

? Jangan Menilai seseorang dari fisiknya, percaya atau tidak? Wajah, Harta, kekuasaan dan jabatan bisa menipu.

? Jadilah dirimu sendiri, temukan orang yang mencintaimu tak hanya dikala kamu ‘di atas’, bahkan ketika kamu jatuh ‘di bawah’

? Jangan mengatur orang lain, jika bahkan diri sendiri tak ingin diatur oleh orang lain. (Beda ceritanya kalau atasan ngatur bawahan, coz itu memang prosedurnya.)

? Nikmati Hidup, Jalani setiap hari dengan penuh syukur, maka senantiasa akan bahagia. (Ga percaya? Cobain aja)

? Jangan jadi kacang lupa akan kulitnya, minum air harus mengerti asal sumber air, manusia juga harus ingat dari mana ia berasal.

? manusia hidup dengan menatap kedepan, bagaimana waktu seharusnya berputar. (Ga percaya? Lihat saja, sebagaimana manusia di ciptakan kakinya untuk berjalan maju bukan berjalan mundur.)

? Masa lalu perlu di ingat sebagai bagian dari kenangan dan pembelajaran hidup, namun tak perlu disesali.

? Cantik dan Tampan? Semuanya hanya Khayalan Belaka. Jangan terikat akan itu.

? Cintai Pekerjaanmu maka kamu takkan terbeban, senantiasa penuh sukacita, dan selalu Bersemangat.

? Tanggung Jawab adalah Kepercayaan. Terima dan jalankan dengan penuh Kejujuran.

Cara Mengetahui Kadar Gula Darah Rendah

Hipoglikemi adalah istilah medis untuk kadar gula rendah yang biasa terjadi pada penderita diabetes. Keadaan tersebut bisa saja terjadi ketika penderita diabetes berusaha keras menjaga kadar gula darahnya.

Sebuah Asosiasi Diabetes di Amerika Serikat mengatakan hipoglikemi tidak dapat dicegah tetapi bisa diatasi jika mengetahui tanda-tandanya seperti berikut ini:

1. Berkeringat atau mulai pucat.
2. Merasa pening atau gemetar
3. Sakit kepala
4. Merasa lapar
5. Memperlihatkan kemurungan atau kebiasaan yang cepat berubah
6. Bergerak canggung atau kikuk
7. Mengalami kejang
8. Terlihat bingung atau bermasalah dengan konsentrasi
9. Rasa geli di sekitar mulut.

Tips Puasa Penderita Diabetes

Banyak kaum muslimin penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa, meskipun mereka terlepas dari kewajiban itu bila kondisi kesehatan mereka tidak memungkinkan. Mengingat setiap penderita diabetes memiliki derajat penyakit yang berbeda-beda, pertanyaan apakah seorang diabetesi boleh berpuasa seringkali menjadi dilema yang dihadapi para ulama dan dokter.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Hypertension edisi Juli 2008 menunjukkan bahwa penderita diabetes yang terkelola dengan baik dapat berpuasa dengan aman. Berikut adalah beberapa pedoman bagi seorang diabetesi, apakah sebaiknya berpuasa:

Dapat berpuasa dengan aman bila:

  • telah meminta saran dokter mengenai kondisi kesehatan dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai selama berpuasa.
  • dapat mengendalikan diri tidak mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan pada saat berbuka dan sahur.

Sebaiknya tidak berpuasa bila:

  • Diabetes tidak terkelola dengan baik.
  • memiliki komplikasi diabetes serius seperti penyakit jantung atau hipertensi.
  • sedang hamil atau menyusui.
  • memerlukan pengawasan atau perawatan harian (seperti pada lansia atau mereka yang memiliki masalah kesadaran atau pemahaman).
  • sedang sakit dengan kondisi temporer seperti flu dan lainnya yang cukup berat.
  • memiliki riwayat diabetik ketoasidosis (kedaruratan yang terjadi saat gula darah tidak tersedia sebagai sumber tenaga sehingga tubuh menggunakan lemak sebagai penggantinya) atau rentan pingsan karena hipoglikemi.

Beberapa tips berpuasa bagi penderita diabetes:

  • Mintalah saran dokter sebelum dan selama berpuasa, karena mereka mungkin akan mengubah atau mengganti obat yang harus dikonsumsi.
  • Jangan menghentikan pengobatan, tetapi dosis dan waktunya harus disesuaikan dengan waktu berpuasa.
  • Usahakan untuk menambah porsi makanan yang lambat dicerna seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah segera setelah berbuka.
  • Usahakan untuk makan sahur sedekat mungkin dengan waktu imsak/subuh, bukannya di tengah malam. Hal ini akan membuat gula darah lebih terjaga selama masa berpuasa.
  • Pantaulah kadar gula darah secara ketat, misalnya tiga jam setelah berbuka atau sebelum makan sahur dan di siang hari. Hasil pengukuran dapat menunjukkan bagaimana tubuh beradaptasi terhadap rutinitas baru.
  • Minumlah banyak air putih tawar di malam hari. Kurangi konsumsi teh dan kopi karena cenderung merangsang keluarnya air seni sehingga memicu dehidrasi di siang hari.
  • Bila mengalami gejala kadar gula rendah (hipoglikemi) seperti berkeringat, gelisah, gemetar, lemah atau bingung, sebaiknya segera berbuka dengan minuman bergula yang diikuti makanan kaya karbohidrat.
  • Setelah Ramadhan, kunjungi dokter untuk memastikan kadar gula darah terkelola dengan baik dan apakah obat-obatan yang diberikan perlu disesuaikan kembali.

Selamat berpuasa, tetap bergerak  dan tetaplah sehat

Sumber: Majalah Kesehatan (Agustus 2012)

Pelesir Pecinan Surabaya Edisi Suroboyan

Halo Temen-temen 😀 yuk kita jalan-jalan keliling Surabaya bersama komunitas Jejak Petjinan…!!!

Versi bahasa Suroboyoan bisa dibaca di sini: https://www.facebook.com/notes/jejak-petjinan/pelesir-pecinan-surabaya-edisi-suroboyoan/463344053684164

Nah kalo pas bulan Ramadhan gini, pelancongan ya sudah sepantasnya dicocok-cocokkan dengan tempat-tempat yang ada hubungannya dengan Islam,

Lho, lho, nanti dulu deh, memangnya lu pikir orang-orang sipit itu tidak ada yang muslim ya? Weleh-weleh ketinggalan berita deh kamyu. Lha situ belum pernah ke masjid Cheng Ho sih ya. Hah? Sapa pula si Cheng Ho itu? Hwadoh, kalo gitu lu pasti belum pernah mengunjungi kelenteng yang ada tradisi ritual sembahyang Jumat legi tiap bulan? E lho.. ada ya? kelenteng kok njawani gitu. ck..ck…ck…cck…

Nah makanya, sekarang lu bakal diajak mengenal sisa-sisa peninggalan Cheng Ho yang ada di Surabaya. Ooooo… ada ya? Lho, jangan salah, jejak-jejak Cheng Ho itu tersebar di seluruh Indonesia lho, gak cuma di Semarang aja.

Jadi, kalo lu-lu pade tertarik dan pengen tau lebih banyak tentang tetangganya pecinan dan gini-gitunya jejak Cheng Ho di kota Surabaya ini, yok rame-rame ikutan acara ‘Pelesir Pecinan Surabaya’. Ngumpulnya pelesir di jl Bibis no.3. Dari Bibis naik bemo ke Demak, abis gitu langsung menuju ke Ampel kemudian ngumpul di masjid Cheng Ho, makan malam bersama sebelum kembali ke Bibis atau bubar pulang sendiri-sendiri. Seru banget kan???

Masih mikir-mikir? Udah deh, daftar aja, yok rame-rame ikutan acara ‘Pelesir Pecinan Surabaya’. Jangan kuatir pelantjongan dipandu guide yang fasih banget lho…!!! Ayo cepet-cepet daftar rame-rame, jangan sampe ketinggalan ya…!!!

Pendaftaran bakal ditutup hari kamis 26 Juli 2012 malam. Kalau mo gabung, jangan lupa tulis biodata singkat dan nomer HP yang bisa dikontak, juga bisa kirim email atau pesan via Facebook. https://www.facebook.com/events/443848365646679/

 

Berikut info lengkapnya:

Waktu : Minggu, 29 Juli 2012

Jam : 13.30-19.00 wib (makan malam disediakan)

Lokasi : jalan Bibis* – Demak – Ampel – Gading – Bibis

Biaya : Rp 110.000,- (sudah termasuk tajjil, makan malam, air mineral, nametag, pin)

*Dapatkan harga khusus untuk anggota dengan menunjukkan 3 pin MPS yang berbeda atau nomer kartu anggota

 

Kontak : Maya (08123047311 atau jejakpetjinan@gmail.com)

 

13.30-14.00 Berkumpul di Bibis no 3

14.45-15.15 Kelenteng Sam Poo Sing Bio

15.30-16.30 Kawasan masjid Ampel

16.45-17.30 Masjid Cheng Ho

17.30-18.30 Bukapuasa & makan malam di kantin masjid Cheng Ho

19.00- kembali ke Bibis no 3

 

Kerpekan acara :

Pukul 13.30-14.00

Berkumpul di Bibis no 3

Pendaftaran ulang

Pembukaan, Sinopsis Perjalanan & Peraturan

Jual topi Jejak Petjinan dan buku-buku yang berkaitan dengan Cheng-Ho dan muslim Tionghoa.

 

Pukul 14.45 – 15.15

Kelenteng Sam Poo Sing Bio, jl. Demak

Peserta akan mendengar cerita mengenai kelenteng ini yang terkenal dengan nama Mbah Ratu dan melihat peninggalan Cheng Ho di sini.

 

Pukul 15.30 – 16.30

Kawasan masjid Ampel

Disini peserta diajak mendengar cerita bagaimana asal mula kawasan ini, dan cerita di balik masjid Ampel.

 

Pukul 16.45 – 17.30

Masjid Cheng Ho, jl. Gading

Peserta akan mendengar cerita mengenai sejarah masjid Cheng Ho.

 

Pukul 17.30 – 18.30

Kantin masjid Cheng Ho

Disini kita akan memberikan kesempatan kepada peserta yang berpuasa untuk berbuka puasa, sambil makan malam bersama.

 

Pukul 19.00

Pengumuman pemenang kuesioner dan acara berakhir.

 

Ketentuan dan Cara daftar:

1. Minta nomer pendaftaran dengan cara email jejakpetjinan@gmail.com atau sms/telp ke 08123047311

2. Setelah Anda dapat nomer urut, yang disertai dengan info no. rek, diminta untuk transfer sesuai dengan instruksi yang diterima. Misalnya dapat nomer urut 12, maka diminta untuk transfer sebesar 110.012. Ini supaya kami tahu peserta dengan nomer urut berapa yang sudah bayar.

3. Pendaftaran ditutup hari Kamis malam, tanggal 26 Juli 2012 tepat tengah malam, peserta yang sudah dapat nomer urut namun sampai penutupan belum transfer dianggap batal.

4. Uang pendaftaran yang sudah ditransfer tidak dapat dikembalikan, namun bisa digantikan orang lain.

5. Peserta acara ini tidak diasuransikan.

6. Peserta diwajibkan memakai pakaian yang tertutup dan sopan, (perempuan perlu membawa kain/syal untuk kerudung) untuk memudahkan proses masuk masjid dan makam.

Bagi perempuan yang sedang haid, tidak dianjurkan untuk ikut, karena tidak akan boleh masuk masjid.

 

*Pelesir Pecinan Surabaya adalah hasil adaptasi Melantjong Petjinan Soerabaya, sebuah wisata budaya yang memberikan gambaran umum tentang pecinan Surabaya, yang lebih ditujukan untuk pendatang dari luar kota Surabaya dan dapat dikemas sesuai permintaan dan kebutuhan wisatawan.

Dengan ikut berpartisipasi dalam Pelesir Pecinan Surabaya, berarti Anda telah mendukung usaha penggalangan dana Komunitas Jejak Petjinan dalam melestarikan dan mempublikasikan budaya Tionghoa di Indonesia, sebagai bagian dari bangsa Indonesia dengan menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan semangat pluralisme.

Membersihkan Karang Gigi

Hi Ericovamili, kembali ketemu Eric lagi,

kali ini saya cerita mengenai pengalaman saya membersihkan karang gigi. Berawal dari promo dari tempat klinik kecantikan saya berlangganan, ada promo untuk pembersihan jarang gigi.

Kalau tanpa promo, biaya untuk pembersihan karang gigi sebesar Rp.50.000-Rp.150.000 tergantung dimana anda membersihkan dan dokter mana. Apa sih sebenarnya karang gigi itu? menurut dokter yang saya tanya, karang gigi itu mineral yang telah bergabung dengan gigi (lupa bahasa lengkapnya apa) intinya kalau saya lihat di kaca yang ditunjukan sama bu dokter, karang gigi itu seperti gigi melekat di sela-sela gigi kita. Dulu saya pikir apaan yang melekat di sela/rongga gigi itu.

Proses pembersihan menggunakan alat ultrasonik jadi tahu mana bagian karang atau bukan, saat alat tersebut didekatkan, serasa seperti di bor tapi bukan di bor, saat dilakukan mouth scaling terasa ada “muncrat-muncrat” sisa gigi kita keluar dari mulut, woooww kok bisa ya dalam hati saya bisa pembersihan karang gigi secanggih itu. Untungnya saya tidak merasakan ngilu berarti tanda gusi gigi saya masih sehat. Karena kenapa, kalau dibiarkan terus ada karang gigi maka gusi akan turun dan terlihat akar gigi pada gusi kita.

Dokternya tahu bahwa saya slalu mengunyah makanan dengan gigi sebelah kanan, bagaimana cara tahunya? ternyata kalau karang giginya banyak di sisi kiri berarti kita lebih sering menggunakan gigi kanan, jadi untuk menghindari karang gigi saat makan, hendaknya mengunyah makanan dengan gigi bagian kiri dan kanan jadi seimbang mengunyah makanan.

Untunglah kata bu Dokter gigi saya sehat dan karang gigi sedikit dan perlu sedikit tambalan tapi tidak masalah karena lubang kecil dan email lapisan gigi yang tipis. Padahal saya tidak pernah melakuakn Mouth Scaling / Pembersihan karang gigi sebelumnya. Sekian sharing pengalaman membersihkan karang gigi/mouth scaling pertama saya. Salam Ericovamili 🙂

Baksos Lions Club dengan Masyrakat Tuban

Hi Ericovamili, kali ini saya berbagi cerita mengenai kisah saya baksos di Tuban tanggl 16 Oktober 2011, dengan total peserta pasien dengan sebaran kupon kegiatan ini sejumlah 1400. Woww prestasi yang luar biasa dan pengalaman pertama saya dengan jumlah peserta 1400an orang yang mana harus dilayani dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang.

Acara kegiatan bakti sosial ini bekerja sama dengan Lions Club Surabaya , Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Viva Kosmetik, Farmasi Universitas Surabaya, Universitas Tuban, Tenaga perawat dari Widya Kartika Surabaya, Dokter dari Tuban dan Surabaya. Lokasi acara ini berada di klenteng Kwan Sing Bio yang sangat besar dan luas serta sudah dikenal oleh masyarakat Tuban. Senang sekali Eric bisa membantu jumlah masyrakat sebesar ini, karena selama saya baksos di Lions Club belum pernah sebanyak ini low dalam tempo waktu 4 jam ! Padahal acara cuku padat dari proses registrasi, pemeriksaan tensi tekanan darah dan berat badan, pemeriksaan dokter, pembagian obat setelah pasien dari dokter.

Terima kasih untuk teman-teman semua yang telah turut membantu acara ini dari awal hingga akhir sehingga acara ini sukses dan masyrakat Tuban terlayani dengan baik.